Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Jumat, 31 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | #BackToSchool


Thinking for Today for Future Day

 http://www.babble.com/mom/10-inspirational-quotes-for-back-to-school-season/confucious/



Terjemahan:
Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)-mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?
[QS. Al-Baqarah (2): 44]

Semuanya berawal dari kita sendiri, dari setiap individu manusia itu sendiri. Mau ke mana arah jalan yang ingin dituju. Seperti maksud dari ayat di atas. Untuk melakukan perubahan haruslah berawal dari diri sendiri , bukan menuntut orang lain berbuat atau menyalahkan orang lain tetapi dari diri sendirilah. Dari ayat tersebut, menuntut kita terus berpikir dan memahami. Berpikir atau memahami tersebut tidak terlepas dari makna yang luas, yaitu untuk selalu berpikir, belajar, untuk perubahan yang lebih. Karena Sesungguhnya orang-orang yang belajar atau mencari ilmu adalah termasuk orang-orang yang berjihad dan memiliki derajat yang tinggi.

Maka dari diri sendiri kita memulai, maka pula mulai hari ini kita memulai. Kita mencari ilmu dan membuat perubahan di mulai hari ini. Melalui pendidikan sepanjang hayat dari berbagai ilmu yang akan kita dapat tidak akan pernah sia-sia bagi siapapun, karena kelak akan berguna bagi kita untuk kehidupan masa depan kita sebagai kunci kesuksesan yang telah kita bangun sejak awal yaitu mulai hari ini untuk masa depan. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Malcolm X.

“Education is our passport to the tomorrow belongs to the people who prepare for it today”  
{Malcolm X.}

Mari kita buat perubahan melalui pendidikan (dalam arti luas), mulai hari ini untuk masa depan. Quote di atas juga sangat bersinambung bila kita gabungkan dengan dalil di bawah ini tentang perbuatan sekarang untuk perubahan masa depan yaitu takdir.

"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah[11]. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[12] yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” [QS. Ar-Ra’du (13): 11]

[11]. Bagi tiap-tiap manusia ada beberapa malaikat yang tetap menjaganya secara bergiliran dan ada pula beberapa malaikat yang mencatat amalan-amalannya. Dan yang dikehendaki dalam ayat ini ialah malaikat yang menjaga secara bergiliran itu, disebut malaikat Hafazhah.
[12]. Tuhan tidak akan merobah keadaan mereka, selama mereka tidak merobah sebab-sebab kemunduran mereka.

Maka dari atas itu semua, for 2014 saya ingin sekali belajar bahasa Jepang agar kelak saya bisa menjadi guru bahasa Indonesia di negara Jepang. Diawali dengan diri saya, mulai esok hari yang baru saya akan kembali membuka buku catatan, buku panduan, dan buku kebesaran bahasa Jepang yang pernah saya pelajari dulu di sekolah. Saya ingin kembali untuk mempelajarinya. Saya ingin meneruskan kembali impian kecil saya yaitu pergi ke Jepang untuk mengenalkan budaya dan bahasa Indonesia.

Bismillah, semoga impian ini akan tercapai. Aamiin.


"Ilmu adalah gudang dan kunci pembuka gudang tersebut adalah pertanyaan/permintaan. Maka kalian bertanyalah (pada guru/ulama) maka kalian akan dirahmati Allah, sesungguhnya ada empat orang yang akan mendapat/diberi pahala yaitu, orang yang bertanya, yang mengajarkan, yang mendengarkan, dan yang mencintai orang-orang tersebut.” 
(HR. Abu Nua’im dari Ali)

2 komentar:

  1. Kalau saya pinginnya Korea, hehe.
    Mudah-mudahan dilancarkan jalannya ya dear. Kabar-kabar kalau udah kejadian ke Jepang ;)

    BalasHapus