Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Jumat, 10 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-Isra (17): 23


Birrul Walidain...








Terjemahan: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[4].” (QS. Al-Isra (17): 23)

[4]. Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Berbuat baik kepada kepada kedua orang tua yaitu ibu dan ayah merupakan akhlak yang mulia, perintah menyembah kepada Allah sering diiringi dengan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua. Sebagaimana diterangkan dalam ayat di atas. Rasulullah saw. juga bersabda:

Berbuat baik kepada kedua orang tua itu lebih utama dibandingkan dengan shalat, sedekah, puasa, haji, umrah, dan jihad di jalan Allah.”

Seseorang telah mengerjakan shalat, puasa, haji, bahkan jihad fi sabilillah, jika hubungan terhadap kedua orang tuanya jelek, tidak mau berbakti kepada orang tua, maka ibadahnya tidaklah banyak berguna karena ia telah menanggung dosa besar, dan kebaikan-kebaikannya yang berupa pahala akan terbelenggu dosa besar tersebut.
Cara berbuat baik kepada kedua orang tua juga sudah terdapat dalam Alqur’an surat Al-Isra ayat 24.
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”

Namun apabila mereka sudah tiada, adapun dalil yang menganjurkan untuk selalu berbuat baik kepada kedua orang tua meski sudah tiada. Seperti yang terdapat dalam hadits berikut.
Apabila seseorang itu meninggal dunia, maka putuslah semua amalnya, kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat/dimanfaatkan, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar