Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Senin, 06 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | Indahnya Bersyukur



#SoThankfulFor...





“Jika kamu bersyukur maka akan Kami tambah nikmat kepadamu…”



Banyak firman Allah dan hadits membahas keutamaan bersyukur, menjadikan bahwa pentingnya bersyukur tersebut. Bersyukur atas segala nikmat dan anugerah dari Allah yang bisa dilihat maupun dirasakan. Maka sangat kufurlah kita apabila mengingkari apa-apa yang telah Allah berikan kepada kita dan kita bisa mendapatkan azab yang pedih dari-Nya. Seperti ayat (QS. Ibrahim: 7) di bawah ini yang menerangkan hal tersebut.





Terjemahan: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim (14): 7)

Ayat di atas juga telah disinggung pada surat Al-Baqarah ayat 152.


Terjemahan: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu[3], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah (2): 152)

[3]. Maksudnya: Aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu.

Maka sebagai hamba Allah yang taat sudah seharusnyalah kita selalu bersyukur atas semua nikmat dan anugerah dari Allah yang telah diberikan kepada kita. Entah nikmat kecil atau besar, kabar gembira, maupun melihat orang lain bahagia kita harus senantiasa bersyukur agar hidup kita tetap diliputi ketenangan dan Allah semakin cinta kepada kita. Adapun doa seperti yang diucapkan Nabi Sulaiman as. untuk tetap mensyukuri nikmat Allah.


Terjemahan: “maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: ‘Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS. An-Naml (27): 19)

Keutamaan bersyukur serta selalu bersabar juga dibahas dalam hadits berikut ini.

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2999 dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu)

Tidak bersyukur secara langsung telah berusaha menghilangkan nikmat yang telah diterimanya itu diambil lagi oleh Allah, sedangkan orang yang selalu bersyukur berarti telah menjaga nikmat tersebut dengan ikatan yang kuat. Seperti yang diungkapkan pada hadits di bawah ini.

Siapa yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan, maka berarti berusaha untuk hilangnya nikmat itu. Dan siapa yang bersyukur atas nikmat berarti telah mengikat nikmat itu dengan ikatan yang kuat.” (Syeikh Ibnu Athaillah ra.)

Sungguh banyak sekali nikmat Allah yang telah kita dapatkan, badan yang sehat, rezeki, sandang, pangan, maupun jiwa yang sehat telah Allah limpahkan. Tak bisa terhitung berapa banyak nikmat yang telah kita terima dari-Nya, yang kita ketahui maupun yang tidak kita ketahui.

Dan Dia telah memberimu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu sangat lalim dan banyak mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim (14): 34).

Alhamdulillah wa syukurillah atas hembusan setiap detik ini,,,
Alhamdulillah wa syukurillah atas nikmat dan anugerah dari-Mu,,,
Yaa Allah jadikanlah kami hamba yang senantiasa bersyukur. Aamiin {}



Berhitung


ada yang ingin dibuktikan mistar
kepada jarak
tentang pasti
tapi ia angkat tangan
saat ditanya tentang umur

ada yang ingin dibicarakan angka
kepada jumlah
tentang berhitung
tapi ia angkat tangan
saat ditanya tentang nikmat yang diterima manusia



(Wahyudi Siswanto)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar