Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Rabu, 15 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-Maidah (5): 8

Sudah Berlaku Adilkah Kita?


 
Terjemahan: “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Maidah (5): 8)

Terdapat dua macam perilaku adil, yaitu adil yang berhubungan dengan perorangan dan adil yang berhubungan dengan masyarakat atau pemerintah. Adil perorangan yaitu tindakan memberi hak kepada orang yang mempunyai hak. Bila seorang mengambil haknya tanpa melewati batas atau memberkan hak orang lain tanpa menguranginya, itulah yang dinamakan adil. Sedangkan adil yang berhubungan dengan masyarakat atau pemerintahan misalnya tindakan hakim menghukum orang yang bersalah sepanjang neraca keadilan. Bila hakim menegakkan neraca keadilan dengan lurus maka ia hakim yang adil, tetapi jika ia berat sebelah maka ia hakim yang dzalim. Pemerintah dipandang adil jika mengusahakan kemakmuran rakyat secara merata yang dilakukan secara sama tanpa pilih kasih sesuai denga peraturan yang berlaku.

Mudahnya, adil merupakan sikap yang berhubungan dengan orang lain. Jangan sampai kita berlaku tidak adil dan tidak jujur karena hanya mementingkan urusan pribadi atau hanya memihak pada salah satu pihak saja. Jika kita ingin bersikap adil baiknya kita harus bersikap netral dan berpihak pada kepentingan objek atau masalah yang dihadapi secara rasional serta berdasarkan nilai dan norma yang berlaku. Adapun juga, sudahkah kita adil pada diri sendiri? Pertanyaan ini berbeda jika dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Namun, bermaksud apakah kita sudah bertanggung jawab pada diri kita sendiri? Apakah hak yang sudah kita terima juga sudah melaksanakan kewajiban yang harus kita penuhi? Sebab, sikap adil pada diri sendiri juga berpengaruh apakah kita bisa menyeimbangi hal-hal lain yang ada di dalam kehidupan kita secara bijak dan lebih baik.

always keep fair :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar