Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Kamis, 30 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-Hijr (15): 9


Keistimewaan Al-Quran


Terjemahan:
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya[10]
 [QS. Al-Hijr (15): 9]

[10]. Ayat ini memberikan jaminan tentang kesucian dan kemurnian Al Quran selama-lamanya.

Ayat di atas menerangkan salah satu keistimewaan dari Al-Quran, yaitu tetap terjaga kemurnian atau pun keasliannya. Sungguh hebat kan?! Dari zaman (Rasulullah saw.) dahulu tetap terjaga sampai zaman seperti sekarang ini. Subhanallah Allahu Akbar… 

Banyak sekali keistimewaan yang dimiliki Al-Quran sebagai Kalamullah. Apapun yang berhubungan dengannya InsyaAllah kita akan mendapat manfaat dan hidayah melaluinya. Berikut hal-hal lain mengenai Al-Quran dan keistimewaannya.*
  • Al-Quran adalah kalamullah yang mengandung mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. yang termaktub dalam mushaf-mushaf (lembaran-lembaran yang diberi jilid) yang disalin dengan jalan mutawatir yang membacanya bernilai ibadah.
  • Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. secara berangsur-angsur dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari (23 tahun), yaitu 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah.
  • Garis-garis besar yang terkandung dalam Alquran adalah aqidah, ibadah, muamalah, hukum, akhlak, sejarah, dan dasar-dasar IPTEK.
  • Keistimewaan Alquran
  1. Alquran berisi 114 surat yang terbagi 30 juz dan ayat-ayat Alquran berjumlah 6236 ayat.
  2. Alquran adalah kitab paling sempurna, berlaku sepanjang masa dan berlaku untuk seluruh umat manusia. Semua isi kitab-kitab suci sebelumnya terangkum dalam Alquran. Isi Alquran mencakup semua aspek kehidupan manusia, baik kehidupan dunia maupun akhirat.
  3. Alquran terpelihara kemurniannya sepanjang masa.
  4. Alquran tidak tertandingi baik dari segi isi maupun dari segi susunan kalimatnya.
  5. Alquran memiliki komposisi kata-kata yang seimbang. Jumlah bilangan kata dengan sinonimnya (persamaan makna) yang dikandungnya.
  6. Alquran sebagai penyujuk hati.
  7. Membaca Alquran merupakan ibadah.
  • Tujuan diturunkannya Alquran yaitu agar manusia mengenal dan beriman kepada Allah SWT dan sebagai pedoman hidup manusia dan umat Islam pada khususnya agar manusia tidak kehilangan arah atau terhindar dari kesesatan.
  • Bagi orang-orang yang berpedoman kepada Alquran dan mengamalkannya akan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.


Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. 
(QS. Al-A’raf: 204)

 *baca: LKS Quran-Hadits untuk MTs.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar