Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Jumat, 03 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS.Al-Insaani (76): 3


Sikap Manusia atas Petunjuk Allah...



إِنَّا هَدَيْنَاهُ السَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًا وَإِمَّا كَفُورًا     
٣ )                 

Terjemahan:
"Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir."
(QS. Al-Insaani (76): 3)


Ayat ini memberikan petunjuk pada manusia bahwa sesungguhnya Allah telah menunjuki ke jalan yang lurus dan penuh kebaikan.Ada manusia yang bersyukur atas petunjuk-petunjuk tersebut dan ada pula yang kafir dan tersesat.


Terdapat kata "Sabil" yang dalam ayat ini yang menggambarkan tentang keinginan Allah terhadap manusia yakni membimbing manusia kepada hidayah-Nya. "Sabil" lebih tepat diartikan sebagai petunjuk-petunjuk dari pada jalan. Petunjuk-petunjuk tersebut dapat diperoleh dari dalam kitab suci berupa firman-firman tentang keesaan Allah dan kebangkitan Rasul. Sedangkan orang yang berada di jalan Allah (jalan yang lurus) disebut sabilillah.


Melalui pendengaran, penglihatan, dan pikiran, manusia dapat memperoleh hidayah (sabil) Allah. Maka Allah (Al-Insaani: 2) melengkapi manusia dengan alat indra berupa penglihatan dan pendengaran. Tuhan hendak menunjukkan kepada manusia akan bukti-bukti kewujudan-Nya dan keberadaan-Nya. Melalui penglihatan terhadap penciptaan manusia dan alam semesta, petunjuk-petunjuk tersebut diperoleh sehingga pikirannya merasa jelas dan terang untuk mengimani-Nya. Namun pada kenyataannya bahwa terhadap pemberian Allah tersebut, sebagian manusia ada yang bersyukur (bahagia) dan ada pula yang kafir (ingkar). Kembali lagi, semuanya ada pada pilihan manusia itu sendiri terhadap hidayah atau pun petunjuk yang diterimanya. Ingin berada di jalan yang lurus atau ingin berada di jalan penuh kesesatan.

Yaa Allah, tunjukilah jalan yang lurus melalui hidayah dan taufik dari-Mu. Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.
Aamiin…



                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar