Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Senin, 13 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-A’raf (7): 199

Menjadi Pemaaf...





Terjemahan: “Jadilah engkau pema'af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raf (7): 199)

Pemaaf adalah salah satu sifat terpuji yang berkaitan dengan orang lain. Seorang pemaaf jika ada orang lain berbuat salah kepadanya ia tidak sakit hati, tidak benci kepada orang yang bersalah itu. Ia selalu memaafkan kesalahan yang tidak disengaja mapun kesalahan yang disengaja. Menjadi seorang pemaaf memanglah tidak mudah sehingga diperlukan seringnya latihan, seperti dengan membiasakan diri memaafkan kesalahan teman-teman kita karena dengan memaafkan kesalahan teman kita maka Allah juga akan menghargai kita. Karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun maka kita sebagai manusia juga turut berperilaku mudah memaafkan. Selain itu, hal yang paling penting dalam member maaf yaitu memberi maaf kepada orang lain hendaknya dengan dilakukan dengan ikhlas, dengan diikuti hilangnya perasaan dendam sehingga kita bisa terbebas dari penyakit hati.

Setelah memberi maaf dengan ikhlas kepada orang lain, terhadapnya iringilah dengan memberikan nasihat atau anjuran untuk bertaubat atau memperbaiki kesalahannya dan berbuat kebajikan. Serta  janganlah memperdulikan orang-orang yang mengajak kepada keburukan karena kebodohannya dan berpalinglah dari sifat dan kebiasaan orang-orang bodoh (sulit memahami dan menantang nasihat baik).

Yaa Allah, Ya Ghaffār. Aku bermohon kepada-Mu kiranya Engkau membersihkan hatiku dari segala noda. Aku bermohon kiranya Engkau memenuhinya dengan cahaya. Anugerahilah kami kemampuan untuk berakhlak dengan nama-Mu ini, sehingga kami mampu menutupi aib-aib sehabat kami, membalas kejahatan dengan kebaikan, sehingga kami dapat meraih kemuliaan di dunia dan di akhirat, serta terhindar dari kegelapan dosa lahir dan batin. Sesungguhnya Engkau, Yaa Allah, Mahakuasa atas segala sesuatu.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar