Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Minggu, 26 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-Dzaariyaat (51): 55

Peringatan dan Mengingat


Allah SWT berfirman:

Terjemahan:
Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.”
(QS. Al-Dzaariyaat (51): 55)

Rasulullah saw., selalu memberi peringatan dan kabar gembira bagi kaumnya. Peringatan dan kabar gembira tersebut akan mereka terima dengan bahagia dan lapang dada maka sesungguhnya peringatan dan kabar tersebut akan bermanfaat bagi mereka semua.

Rasulullah saw. mengabarkan bahwa Allah AWT berfirman:


 “Aku bergantung pada prasangka hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Bila ia mengingat-Ku dengan prasangka [baik], Aku mengingatnya dengan prasangka yang lebih baik dari prasangkanya. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya, Aku mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan, Aku mendatanginya dengan berlari.”
(HR. Bukhari-Muslim)

‘Abd Allaah ibn Busr menceritakan bahwa seseorang datang kepada Rasulullah saw. lalu berkata “Wahai Rasulullah, aku merasa berat menjalankan syariat Islam. Ajarkanlah kepadaku sesuatu membuatku konsisten!” Beliau saw., bersabda, “Hendaklah lisanmu selalu basah dengan zikir kepada Allah SWT.” (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, Ibn Majah)

Dalam hadits lain diberitakan bahwa Allah SWT berfirman, “Hamba-Ku, ingatlah kepada-Ku sesaat di waktu pagi dan sesaat di waktu petang, niscaya Kucukupi dirimu di antara keduanya.” (Dari Abu Hurairah, diriwayatkan oleh Abu Na’im & Ibn al-Mubarak)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar