Manusia

Pencari Cahaya

Assalamu'alaikum...

Assalamu'alaikum...

Selasa, 21 Januari 2014

1 Hari 1 Ayat | QS. Al-Mujadalah (58): 11


Keutamaan Ilmu Pengetahuan








1  Terjemahan: "Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadalah (58): 11)

Ayat ini menjelaskan tentang tata cara dalam suatu majlis menurut ajaran Islam, tata cara itu dijelaskan sebagai berikut.
-        Jika suatu majlis (pertemuan) tempatnya sudah penuh, sementara masih ada orang yang datang, maka sebaiknya yang datang terlebih dahulu bergeser untuk member tempat kepada yang baru datang.
-        Dalam suatu majlis hendaknya mengikuti aturan-aturan yang ditentukan oleh yang berwenang memimpinnya, misalnya dipersilakan berdiri, duduk, bergeser dan lain sebagainya. Rasulullah bersabda: “Janganlah seseorang menyuruh berdiri kepada orang lain dari tempat duduknya, akan tetapi lapangkanlah dan longgarkanlah.”
-        Seseorang yang telah ikhlas member kelapangan atau kelonggaran kepada orang lain berarti telah member pertolongan, maka pertolongan tersebut akan dibalas oleh Allah berupa pertolongan juga.

Rasulullah saw. bersabda: “Dirahmati Allah seseorang yang melapangkan tempat buat saudaranya.” (HR. Abu Hatim)

Selanjutnya dalam ayat ini juga menjelaskan bahwa Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu pengetahuan dengan beberapa derajat, hal ini dapat dimengerti karena orang yang beriman akan selalu menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tercela yang dapat membawanya pada derajat yang lebih rendah, baik menurut pandangan Allah atau sesame manusia, sedangkan orang-orang yang berilmu lebih maka dengan ilmu tersebut akan mendapatkan kelebihan-kelebihan yang tidak didapatkan oleh orang-orang yang lebih rendah ilmu pengetahuannya.

Orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan nampak arif dan bijaksana, jiwa dan matanya akan selalu memancarkan sinar dan cahaya, iman, dan ilmu akan membuat orang mantap dan agung. Orang yang beriman dan berilmu pengetahuan (yang bermanfaat) akan memperoleh derajat yang tinggi baik di dunia maupun di akhirat. Maka Allah menekankan bahwa akan ditinggikan derajat bagi orang-orang yang beriman, berilmu, dan beramal shalih.

Di bagian akhir ayat menjelaskan bahwa Allah mengetahui segala perbuatan manusia, tidak ada yang samar bagi-Nya, siapa yang taat dan siapa yang durhaka akan dibalas semua amal perbuatannya.


Sampaikan ilmu walau hanya satu ayat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar